Penerapan dan Peranan TIK pada Dunia Pendidikan
Pemanfaatan TIK ini di Indonesia baru memasuki tahap
mempelajari berbagai kemungkinan pengembangan dan penerapan TIK untuk
pendidikan memasuki tahap berikutnya. Pemanfaatan IT dalam bidang pendidikan
sudah merupakan kelaziman di Amerika Serikat pada beberapa dekade yg lalu. ini merupakan salah satu alasan bahwa
indonesia telah tertinggal dari bangsa-bangsa yang lain. Informasi yang diwakilkan oleh komputer yang
terhubung dengan internet sebagai media utamanya telah mampu memberikan
kontribusi yang demikian besar bagi proses pendidikan. Teknologi interaktif ini
memberikan reaksi bagi terjadinya perubahan medasar terhadap peran guru dari
informasi ke transformasi. Setiap sistem sekolah harus memampukan mereka untuk
menerima sesuatu pembelajaran dengan lebih cepat, baik, dan cerdas. Dan
Teknologi Informasi dan komunikasi yang menjadi kunci untuk menuju model
sekolah masa depan yang lebih baik.
Usaha-usaha dari anak-anak bangsa juga terus dilakukan untuk
mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dalam hal penyampaian proses
pendidikan dengan penggunaan TIK.
![]() | ||
Add caption |
Banyak aspek dapat diajukan untuk dijadikan sebagai
alasan-alasan untuk mendukung pengembangan dan penerapan TIK untuk pendidikan
dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas pendidikan nasional Indonesia.
Salah satu aspeknya ialah bentuk geografis Indonesia dengan sekian banyaknya
pulau yang terpencar-pencar dan betuk permukaan buminya yang seringkali tidak
menentu, biasanya diajukan untuk menjagokan pengembangan dan penerapan TIK untuk pendidikan. TIK sangat dibutuhkan dan dapat dipercayakan agar
menjadi fasilitator utama untuk meratakan pendidikan di tanah air, sebab
TIK yang mengandalkan kemampuan
pembelajaran jarak jauhnya . Demi penggapaian daerah-daerah yang sulit tentunya
diharapkan penerapan ini agar dilakukan sesegera mungkin di Indonesia.
TIK dalam bidang
pendidikan memiliki 6 peranan bagi, antara lain :
1. TIK sebagai skill dan kompetensi
Penerapan TIK harus
seimbang maksudnya adalah, TIK bisa masuk ke semua lapisan masyarakat tapi
sesuainya dengan porsinya masing-masing.
2. TIK sebagai infratruktur pembelajaran
Tersedianya bahan
cara mengajar dalam format digital The network is the school belajar dimana
saja dan kapan saja
3. TIK sebagai sumber bahan belajar
Ilmu tumbuh
berkembang dengan cepat. para pengajar andalan berada di seluruh penjuru dunia
Buku dan bahan
ajar diperbaharui secara berkala. Inovasi memerlukan kerjasama pemikiran
tanpa teknologi,
pembelajaran yang modern membutuhkan waktu yang lama agar bisa dipahami.
4. TIK sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran
Penyampaian bahan ajar
mempertimbangkan situasi dunia nyata memberikan ilustrasi berbagai fenomena ilmu pengetahuan untuk
mempercepat penyerapan bahan ajar.Pelajar harus melakukan penelitian dan
penjelajahan terhadap pengetahuannya secara lebih luas dan mandiri perolehan
pengetahuan berasal dari interaksi mahasiswa dan guru.jumlah dan pengalaman
antara pengajar dan peserta didik sehingga menentukan proses pemberian
fasilitas
5. TIK sebagai pendukung manajemen pembelajaran
Tiap individu memerlukan motivasi pembelajaran untuk dirinya
tanpa henti tiap harinya agar selalu dapat menemukan hal yang baru. Transaksi
dan interaksi interaktif antar stakeholder memerlukan pengelolaan back office
yang kuat.
Kualitas layanan
pada tim administrasi ditingkatkan secara bertahap,karena manusia merupakan
sumber daya yang bernilai
6. TIK sebagai sistem pendukung keputusan
Tiap tiap orang memiliki karakter
dan bakat masing-masing pada dirinya dalam mempelajari sesuatu yang baru. Guru
berusaha meningkatkan kompetensinya pada berbagai bidang ilmu.Profil perusahaan
atau instansi pendidikan diketahui oleh pemerintah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar